SEMINAR NASIONAL PERPAJAKAN dan SILATURAHIM ANGGOTA IKPI

8
78
  1. Jakarta, metropers.comIkatan Konsultan Pajak Indonesia, yang juga dikenal sebagai IKPI, menyelenggarakan acara Sosialisasi Rancangan Undang Undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP) dan Rancangan Undang Undang Tentang Konsultan Pajak (RUU KP) Kedua Rancangan Undang Undang (RUU) Perpajakan tersebut telah masuk pada Program Legislasi Nasional yang di prioritaskan, sehingga akan segera dibahas dan kemungkinan akan segera disahkan dan diberlakukan.

Acara ini dilaksanakan di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (30/11/17) dengan Tema “Mewujudkan Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak melalui Undang Undang Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan yang Baru dan Undang Undang Konsultan Pajak”

Pada acara seminar ini yang menjadi narasumber :
1. Suryo Utomo, Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak
2. M Misbakum, Anggota DPR RI dan Baleg
3. Prof DR. T. Gayus Lumbun SH.MH
Hakim Agung MA.

Keberadaan Konsultan Pajak itu untuk mendampingi dan mewakili Wajib Pajak Dalam pelaksanaan UU Perpajakaan tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun, ketentuan hukum yang mengatur keberadaan dan pelaksanaan Konsultan Pajak selama ini hanya diatur Dalam produk Hukum berapa Keputusan atau Peraturan Menteri Keuangan.

Konsultan Pajak yang merupakan profesi yang independen, yang sama dengan Akuntan Publik, Notaris atau Advokat, harus Pula bertindak independen dan oleh karenanya tidak cukup diatur dalam suatu peraturan Menteri Keuangan. Adalah mutlak bagi konsultan pajak untuk juga diatur dalam produk hukum berupa undang undang Konsultan Pajak.

Inisiatif terwujudnya UU Konsultan Pajak berasal dari lembaga legislating, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat, sehingga dengan penyampaian RUU Konsultan Pajak oleh DPR diharapkan akan tewujud pemahaman yang sama tentang apa maksud dan tujuan UU Konsultan Pajak, ham dan kewajiban serta fungsi serta persyaratan untuk menjadi Konsultan Pajak termasuk sanksi yang dapat dikenakan terhadap pelaksanaan tugas.dan fungsinya.(manto)

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here