GERAKAN NKRI SEHAT ADALAH GERAKAN BERBAGI HIDUP SEHAT

0
164

METROPERS.COM,(29/07/2017)            Hari ini, 29 Juli 2018 kami meluncurkan gerakan NKRI sehat bersama Ibu OASE Kabinet Kerja pimpinan Ibu Dokter Erni Tjahyo Kumolo.

Kami telah memulai gerakan ini di 23 Provinsi , kami memulai gerakan ini dengan menyusun alat kampanye yang menjelaskan memelihara hidup sehat dan tentang penyakit dalam waktu 90 detik. Kami menjalin kerja sama dengan tokoh agama, guru, tokoh masyarakat agar dalam setiap kegiatannya mau menjadi duta NKRI Sehat.

*Pembangunan kesehatan sesungguhnya adalah menata tatanan hidup sehat*, membangun tatanan hidup sehat dimulai dari kesadaran yang bisa terbentuk dari pengetahuan yang benar. Hal ini akan lebih cepat jika ada kebersamaan yang saling menguatkan.

Kenapa 90 detik ? kami mencoba memulai dengan dengan yang paling mudah dahulu agar ada orang yang mau ikut, kami meyakini jika manfaat dari berbagi informasi sehat ini dirasakan masyarakan akan mau berlipat lipat lebih lama bicara tentang hidup sehat.

Berbagi adalah kebutuhan kita sebagai manusia, karena berbagi terbukti dapat memberikan kenyamanan, berbagi informasi hidup sehat diharapkan dapat di jalankan dengan nyaman dan berperan serta dalam pembangunan kesehatan.

Informasi hidup sehat tujuan nya adalah untuk memelihara kesehatan dan mencegah sakit. Jika sakit banyak konsekuensi yang didapat. Sakit menurunkan produktifitas dan memberikan rasa yang tidak nyaman, sakit membutuhkan biaya yang juga tidak kecil. Negara memberikan Jaminan Kesehatan Nasional untuk masyarakat yang sakit, tetapi untuk sampai ke fasititas kesehatan membutuhkan juga biaya, taksi, ambulance, pesawat dll. Ketika di rawat harus ada yang menemani, banyak sekali biaya yang di keluarkan untuk pendamping orang sakit. Perubahan pola dan distribusi kuman dan resistensi antibiotik juga menyebabkan banyak penyakit yang sulit di sembuhkan bahkan ada penyakit yang belum ada obat nya. Oleh karena itu *mencegah lebih baik dari pada mengobati.*

Gerakan NKRI Sehat merupakan stategi pembangunan kesehatan dengan pilar penguatan “Paradigma Sehat” dari partisipasi masyarakat dengan dengan terobosan baru. Yaitu mengajak semua lapisan masyarakat terutama tokoh agama, guru dan tokoh masyarakat yang setiap hari berhadapan dengan banyak orang menyisihkan waktu 90 detik saja untuk berbagi informasi hidup sehat”

Berbagi sesungguhnya kebutuhan setiap manusia, kerana dengan berbagi menimbulkan rasa nyaman dan bahagia. Berbagi Informasi Hidup sehat yang karenanya orang lain dapat terhindar dari penyakit dan menjadikan bangsa ini bangsa yang sehat dan kuat, bukan sekedar sebuah kebutuhan yang menjadikan hati kita damai dan suka cita namun dapat memperkuat ketahanan bangsa. Gagasan sederhana tetapi bisa besar dampak nya jika didukung oleh semua pihak. Gerakan berbagi menguntungkan siapa saja. (manto)