BSN BERHASIL MEMECAHKAN REKOR MURI DALAM PENYAJIAN 18.818 PORSI BAKSO IKAN BER-SNI

0
44

 

METROPERS.COM, Jakarta,(05/08/2018)  Dengan mengambil momentum kegiatan pemecahan “Guinness World of Records” (GWR) Tari Poco-poco massal yang diikuti 65.000 peserta dan berlangsung di sepanjang Silang Monas, Bundaran Hotel Indonesia hingga kawasan Setia Budi, BSN bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kelautan serta industri penerap SNI.

Badan Standarisasi Nasional (BSN) berhasil memecahkan rekor MURI dalam penyajian 18.818 porsi bakso ikan yang telah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Momen 18.818 tidak terulang lagi, kami pilih untuk menyemarakkan Asian Games 2018. Alhamdulillah sudah memecahkan rekor MURI,” kata Kepala BSN Bambang Prasetya usai pemecahan rekor MURI di halaman Gedung BPPT, Jakarta, Minggu.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standarisasi BSN Nasarudin Irawan selaku Penanggung Jawab kegiatan di Jakarta (05/08/2018) mengatakan, kegiatan BSN ini sejalan dengan program pemerintah melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan yang terus berupaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan dengan program Gerakan Masyarakat Makan Ikan (GEMARIKAN). Program yang di canangkan Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk membantu mengatasi masalah nasional yaitu “stunting” (pertumbuhan kekerdilan pada anak anak karena kekurangan asupan protein). “Program ini sekaligus mempromosikan dan mempergunakan produk olahan Ikan dari UMKM. Dengan mengambil momentum ASIAN GAMES 2018, BSN berinisiasi untuk mempromosikan produk olahan ikan yaitu Bakso Ikan ber-SNI ,”ujar Nasarudin.

Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo mengatakan pemecahan rekor bernomor 8530 ini masuk dalam kategori jumlah, karena berhasil menyajikan 18.818 porsi bakso ikan dalam waktu yang sama.

“Ini memang baru pertama, penyajian bakso ikan terbanyak. Kami hitung dalam waktu satu jam, dan karena penyusunannya bagus oleh BSN penghitungannya juga menjadi lebih cepat,” ujar dia.

Sebagai catatan, rekor MURI sebelumnya pada 1 Maret 2014 dengan penyajian bakso sebanyak 16.074 porsi (mnto)