WARGA RUSUN MARUNDA SAMBUT BAIK FOSIL PERS DENGAN JURNALIS BELA NEGARA

0
107

METROPERS.COM,(20/12/2018)     Warga masyarakat Rusun Marunda mengapresiasi positif Forum Silaturahmi Pers (Fosil Pers) memberi pelatihan dasar jurnalistik praktis kepada warga rusun dan sekitarnya. Rencananya Pelatihan akan di ikuti oleh seratus warga selama sehari dari pagi hingga sore hari pada hari Sabtu, 5 Januari 2019 mendatang.

“Saya sangat senang sekali bisa mengikuti pelatihan dasar jurnalistik yang di adakan oleh Jurnalis Bela Negara yang tergabung di Fosil Pers yang jarang sekali di adakan di rusun Marunda.” Ujar Wiwin warga blok B yang giat memotivasi teman temannya mengikuti pelatihan di Rusun Marunda, Rabu (20/12/2018)

Warga menilai, pelatihan ini sangat positif di Era Digital saat ini karena orang tidak akan sembarangan bisa menulis di media sosial atau medsos di Hp mereka. Mengingat adanya peraturan bagi siapapun penulis di medsos akan di kenakan sangsi pasal pidana apabila yang di tulis merasa dirugikan.

“Resiko yang di timbulkan bila menulis sembarangan itu akhirnya dapat merugikan diri sendiri juga orang lain. Karena itu, kami menyambut baik program Fosil Pers ini karena dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi warga rusun Marunda.” Kata Wiwin mengungkapkan.

Dalam pelatihan dasar jurnalistik warga rusun Marunda akan mendapat pembekalan cara menulis yang mudah dan menyenangkan dengan pola piramida terbalik dan rumus 5 W + 1 H untuk membuat berita serta tehnik cara berwancara.

Selain itu, bagi peserta pelatihan mereka akan mendapat pembekalan tentang arti Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0502 Jakarta Utara dan pembekalan Kamtibmas dan UU ITE dari Polres Jakarta Utara serta dari BNN Kota Jakarta Utara tentang bahaya Narkoba yang menghancurkan masa depan generasi muda Indonesia.

Untuk peserta pelatihan yang di batasi 100 orang ini peserta sebagian besar di ikuti oleh peserta wanita dan kalangan generasi muda.

Warga mengaku, bagi peserta yang berusia di atas 25 tahun Ilmu Jurnalistik ini sangat di perlukan di masyarakat untuk semua kalangan dari yang usia muda sampai tua.

Sementara itu, bagi anak muda pembekalan ini bisa menjadi bekal hidup ke depan bila pembekalan ini nantinya di geluti secara serius apabila peserta generasi muda ingin menjadi seorang Jurnalis handal dan profesional. Mengingat mereka sudah mendapat dasar-dasar ilmu jurnalistik dalam pelatihan ini hanya tinggal melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

“Memang betul apa yang di sampaikan oleh warga rusun Marunda bahwa kita di Era Digital ini memang harus melek teknologi, jangan sampai tertinggal dengan kemajuan zaman teknologi,” Kata Ketua DPP Fosil Pers Bidang Pendidikan dan Pelatihan Johan Sopaheluwakan yang keturunan Indo Portugis.(Mnt)