FORUM SILATURAHMI PERS GELAR PELATIHAN JURNALISTIK BELA NEGARA DI IKUTI WARGA RUSUN MARUNDA

0
25

METROPERS.COM,JAKARTA (05/01/2019)

Forum Silaturahmi (Fosil) Pers menggelar Pelatihan Jurnalistik Bela Negara bagi warga Rusunawa Marunda, Jakut. Kegiatan ini diikuti sedikitnya 100 orang warga Rusunawa Marunda yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum, Sabtu (5/1/2019).

Pembicara dalam pelatihan ini Komandan Unit Intel Kodim 0502 Jakut Lettu Arm Ginting, Kasubag Humas Polres Metro Jakut Kompol Sungkono, perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN) Jakarta Utara, Sub Dept Head Corporate Communication FIFGROUP Charles DW Simaremare, Corporate Communication Mandiri Tunas Finance (MTF) Arsyie Akbar.

Ketua Umum Fosil Pers Ricko Aprilia mengungkapkan pentingnya bela negara yang harus ditanamkan sejak dini. Penanaman bela negara itu juga bisa melalui berbagai kegiatan di antaranya sepeprti yang dilakukan Fosil Pers dengan menggelar Pelatihan Jurnalistik Bela Negara.

“Kegiatan ini akan kami gelar di beberapa daerah. Sehingga penanaman bela negara bisa benar-benar tertanam di jiwa generasi muda Indonesia,” katanya.

Komandan Unit Intel Kodim 0502 Jakut Lettu Arm Ginting mengajak Fosil Pers dan juga masyarakat agar bisa melakukan deteksi dini akan adanya ancaman bagi bangsa dan negara. Yang terpenting dari itu semua, adanya penanaman jiwa bela negara.

“Selama semangat bela negara ada di dalam jiwa masyarakat, secara otomatis masyarakat akan mampu menyaring berbagai informasi dengan baik atau hoax. Sehingga tidak akan muncul informasi yang bertentangan dan bisa menimbulkan perpecahan,” kata Ginting.

Kasubag Humas Polres Metro Jakut Kompol Sungkono, mengingatkan pentingnya menyaing informasi yang diterima melalui medsos dan tidak langsung menyebar luaskannya ke medsos lain.

“Setiap tindakan akan ada ancaman hukumannya, termasuk penyebaran informasi tidak benar atau hoax. Karena itu, jika informasi itu tidak benar, lebih baik tidak usah disebarkan,” kata Sungkono.

Sub Dept Head Corporate Communication FIFGROUP Charles DW Simaremare, menawarkan kepada generasi muda, khususnya warga penghuni Rusunawa Marunda, Jakarta Utara, akan adanya kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan atau pinjaman dana multiguna yang bisa mendukung usaha warga dan peningkatan ekonomi.

Corporate Communication Mandiri Tunas Finance (MTF) Arsyie Akbar mengingatkan bagi warga Marunda yang ingin mengembangkan usaha bisa mengambil pembiayaan melalui MTF dengan menjaminkan surat-surat kendaraan yang dimiliki konsumen.

Sementara itu, Camat Cilincing Purnomo saat membuka kegiatan ini mewakili Wali Kota Jakarta Utara, menyambut baik langkah Fosil Pers yang bisa memberdayakan masyarakat, bisa menumbuhkan semangat dan jiwa bela negara. “Ini langkah yang baik dan harus terus dilakukan,” kata Purnomo (mnt)