SEKITAR 900 SISWA SMA/SMK DAN MA SE-JABODETABEK IKUTI BELA NEGARA GENERASI MILENIAL

0
68

 

METROPERS.COM, JAKARTA (10/04/2019)
Sebanyak 933 orang siswa siswi SMA/SMK dan MA mengikuti talkshow Bela Negara dengan tema ‘Semangat Memperkuat Budaya Maritim untuk Bela Negara Generasi Milenial’ yang diadakan di Lobby Utama Universitas Sahid, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta, pada Selasa (9/4).

Dalam acara talkshow yang digelar oleh Ikatan Alumni Lemhannas XVII ini dihadiri oleh berbagai narasumber meliputi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, DR. HC. Susi Pudjiastuti; Sesmenko Polhukam, Letnan Jenderal (Purn) TNI Agus Surya Bakti, M.Ikom; Komisaris Jenderal Pol. Drs. Suhardi Alius M.H.; dan Laksamana TNI Purn Ade Supandi, S.E., M.AP.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan, agar menjaga laut, menurutnya bela negara dapat dilakukan salah satunya dengan menjaga kebersihan laut. Ia meminta agar pelajar mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari.

“Supaya mereka mau mencintai, mau menjaga dan merawat laut, laut itu kalau dijaga ternyata sangat hebat,” kata Susi dalam sambutannya saat memberi kuliah bela negara di Universitas Sahid, Jakarta.

Selain itu, mengklaim kerja keras pemerintah menjaga laut dari pencurian ikan telah membuahkan hasil. Bentuk keberhasilan itu seperti naiknya peringkat Indonesia di dunia dalam hal produksi ikan tuna dan kepiting.

“Saat ini Indonesia sebagai pemasok ikan tuna terbesar sedunia, dan pemasok kepiting nomor 1 di Amerika, kepiting laut, dan neraca perdagangan perikanan kita nomor 1 di Asia Tenggara. Jika laut kita cintai dan jaga pasti kedaulatan perikanan kita, pasti hasilnya sangat bagus,” jelas Susi.

Sementara itu Rektor Universitas Sahid Jakarta Prof. Dr.Ir. Hardinsyah MS.PhD dalam wawancara nya dengan media mengatakan kejayaan masa lalu adalah budaya yang kita bangun harus kita teruskan kepada anak anak kita, bagaimana membangun semangat bagi adik adik kita remaja yang sebagian adalah generasi milenial dan sebagian generasi Z.

71% negara kita adalah laut harus kita kelola dengan baik dan harus kita jaga dari pihak pihak luar yang mengancam negara kita.

“Adanya kegiatan Belanegara ini untuk apabila ada tekanan, ketahanan kekuatan bangsa berperan dalam membela negara yang baik kedepan”.ujar Hardinsyah.

(Manto)